JudulKualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Di Kantor Camat Marawola Kabupaten Sigi |
Nama: HARDIYANTI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) Di Kantor camat marawola kabupaten sigi. Dasar penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sedangkan tipe penelitian adalah deskripif kualitatif. Tekhnik penentuan informan dalam penelitian adalah purposive dengan jumlah informan sebanyak 6 (enam) orang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori dari Taliziduhu Ndraha, dimana ada empat indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan ialah kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan keadilan. Hasil penelitian yang telah dilakukan di Kantor camat marawola kabupaten sigi, peneliti menyimpulkan bahwa: kualitas pelayanan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di kantor camat marawola kabupaten sigi. masih kurang kurang maksimal, kecepatan waktu penyelesaian e-KTP yang terlalu lama. Dari kecepatan pelayanan, tingkat koordinasi kecamatan marawola dan unit pelayanan terpadu masih terjadi beberapa kesalahan data pengguna e-KTP, Sedangkan Kemudahan informasi pelayanan e-KTP sudah baik, dari jadwal perekaman data e-KTP sampai pengambilannya. Keadilan yang diberikan masih kurang, pihak pegawai mengatakan bahwa keadilan pelayanan sudah mereka lakukan dengan baik. Kata Kunci : Keceptan, ketepatan, Kemudahan, Dan Keadilan |