JudulPELAYANAN ADMINISTRASI DESA PADA KANTOR DESA LENDE KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: DEAN RESKI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Dean Reski, Stambuk : B 101 14 125, Jurusan Administrasi Publik, Judul Skripsi, Pelayanan Administrasi Desa Pada Kantor Desa Lende Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Di bimbing oleh Hj. Ani Susanti Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelayanan Administrasi Desa Pada Kantor Desa Lende Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala Dasar penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Yang menjadi informan dalam penelitian ini sebanyak lima Orang. Dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang Pelayan dari Idup Suhadi (2000:26), dia membagi Pelayanan kedalam empat aspek, yaitu Ketepatan, Kecepatan, Kemurahan, dan Keramahan. Penelitian yang dilakukan penulis, diperoleh kesimpulan bahwa Pelayanan Administrasi yang diterapkan pegawai di Kantor Desa Lende Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Dalam melaksanakan proses pelayanan administarsi kepada masyarakat selalu mengutamakan Ketepatan, Kecepatan, Kemurahan, dan Keramahan, tetapi masih ada kekurangan pada penerapan pelayanan Ketepatan dan Kecepatan, sedangkan untuk penerapan pelayanan Kemurahan, dan Keramahan dianggap sudah maksimal. Kata Kunci : Ketepatan, Kecepatan, Kemurahan, dan Keramahan. |