JudulKualitas Pelayanan Administrasi Surat Nikah Pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong |
Nama: ARIANSYAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Administrasi Surat Nikah pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang dengan penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Pengamatan/Observasi,Wawancara/Interview, dan kegiatan dokumentasi untuk mrngumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan sekunder. Data yang telah terkumpul disaring dan dipilah berdasarkan kebutuhan data, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode penelitian Kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong masih rendah. Dari teori Levine terdapat tiga Aspek yang dijadikan bahan dalam penelitian diantaranya Responsivitas, Responsibilitas, dan Akuntabilitas. Dilihat dari segi Responsibilitas di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tinombo Selatan sudah cukup baik karena semua pegawai sudah mempunyai fungsional masing-masing dalam tugasnya melayani masyarakat sesuai dengan prosedur di KUA, sedangkan dari segi Responsivitas dan Akuntabilitas pihak KUA Kecamatan Tinombo Selatan belum mampu merespon dengan baik kebutuhan, harapan serta aspirasi masyarakat, seperti pelayana yang cepat, murah dan nyaman, sedangkan dari segi Akuntabilitas, Kualitas pelayanan masih rendah yang disebabkan ketidak disiplinan petugas KUA dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sehingga pelayanan sering terlambat. Kata kunci : Responsivitas, Responsibilitas, dan Akuntabilitas.Kualitas pelayanan |