JudulKUALITAS PELAYANAN PENGURUSAN KARTU KELUARGA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: NUR ILIYIN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Tujuan penelitian iniuntuk mengetahuimengapa Kualitas Pelayanan Pengurusan Kartu Keluarga Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong. Tipe penelitian yang digunakan tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Dalam penentuan informan pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Purpose. Peneliti memilih sebanyak 5orang informan.Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.. Dengan metode analisis data melalui Kondensasi Data, Penyajian Data, serta Penarikan Kesimpulan.Teori yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan adalah teori yang dikemukakan oleh Tjiptono (Hardiyansyah, 2011-53), indikator untuk mengukur kualitas pelayanan meliputi Tangibles, Reliability, Responsivines, Assurance, dan Emphaty. Berdasarkan hasil penelitian, Kualitas pelayanan Pengurusan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong sudah cukup baik, hal ini di karenakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parigi Moutongdalam merespon keluhan masyarakat telah menyediakan timpengaduan guna untuk membantu masyarakat dalam menyampaikan keluhan selama menerima pelayanan dan pengaduan tersebut akan disampaikan ke Kepala Dinas dan direalisasikan ke pegawai dimasing masing bidang sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalampengurusan kartu keluarga.Dan untuk memudahkan masyarakat yang berada di wilayah utara dalam menjangkau pelayanan Disdukcapil Parimojuga telah membuka front pelayanan Adminduk yang terletak di Kecamatan Tinombo guna membagi dua masyarakat sehingga dianggap lebih efektif dan efisien. |