JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PENGGUNA KARTU BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI PUSKESMAS MAMBORO KECAMATAN PALU UTARA KOTA PALU |
Nama: NI PUTU DEBORA.N |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK NI PUTU DEBORANAVTALIA, Stambuk B 101 13 022, Judul Skripsi “ Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Pengguna Kartu Bada Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu”. Di bimbing olehHj.Mustainah dan Mukarramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Pengguna Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan penelitian kualitatif. Informan berjumlah 7 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu dilihat dari indikator yang telah ditetapkan padadasarnya telah menunjukan hasil yang cukup baik tetapi masih ada yang perlu ditingkatkan lagi. Proses pelayanan kesehatan di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu terdiri dari 4 indikator yaitu Tepat, Cepat, Murah dan Ramah. Walaupun proses pelayanan di Puskesmas Mamboro saat ini sudah cukup baik namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi sehingga belum berjalan secara maksimal seperti sarana dan prasarana Puskesmas belum terlalu memadai, sebagian pegawai Kesehatan masih ada juga yang datang terlambat sehingga pasien yang datang berobat harus menunggu terlebih dahulu. Kata Kunci : Tepat, Cepat, Murah dan Ramah. |