JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BATUSUYA KECAMATAN SINDUE TOMBUSABORA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: ANGGI SETIAWAN |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK ANGGI SETIAWAN, NOMOR STAMBUK B 101 11 023 DENGAN JUDUL KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BATUSUYA KECAMATAN SINDUE TOMBUSABORA KABUPATEN DONGGALAā€¯ Dibawah bimbingan Ibu Daswati dan Bapak Rapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Batusuya Kecamatan Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala dengan menggunakan teori Parasuraman yang melihat 5 Dimensi untuk mengukur kualitas pelayanan, yaitu Bukti Langsung (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empaty). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif dengan informan yang berjumlah tujuh informan. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan Purpossive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah analisis data yang dilakukan secara bertahap dengan menggunakan model interaktif Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kulaitas pelayanan di Puskesmas Batusuya jika ditinjau dari dimensi Bukti Langsung (Tangibles) dan Kehandalan (Reliability) masih kurang baik. Namun untuk dimensi Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empaty) sudah menunjukkan kualitas yang baik. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Bukti Langsung (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empaty). |