| JudulPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA |
| Nama: ERWANA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Erwana, 2025. Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing Dian Fitriani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat media sosial tik tok terhadap kepercayaan diri siswa hubungan antara pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian berjumlah 100 siswa yang dipilih melalui teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket skala Likert dan dianalisis dengan uji deskriptif serta uji korelasi Pearson Product Moment menggunakan SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan TikTok siswa tergolong tinggi dengan persentase sebesar 93%, sedangkan tingkat kepercayaan diri siswa juga berada pada kategori tinggi sebesar 68%. Namun, hasil uji korelasi menunjukkan nilai r = 0,082 dengan sig. = 0,418 (p > 0,05), yang berarti tidak terdapat hubungan signifikan antara penggunaan TikTok dengan tingkat kepercayaan diri siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa kepercayaan diri siswa lebih dipengaruhi oleh faktor lain, seperti dukungan keluarga, lingkungan pertemanan, dan pengalaman pribadi, bukan dari intensitas penggunaan TikTok. Kata Kunci: Media Sosial TikTok, Kepercayaan diri, Siswa SMP |