Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA SMKN 5 PALU
Nama: DELVIANA MANOPO
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif kausalitas. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Palu dengan populasi sebanyak 102 siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa angket tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial, yang terdiri atas uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi linear sederhana, serta uji t parsial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung untuk variabel penggunaan gadget sebesar -3,749, sedangkan ttable sebesar 1,984, sehingga thitung > ttable. Selain itu, nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, H? ditolak dan H? diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar siswa. Karena koefisien regresi bernilai negatif, maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penggunaan gadget, maka konsentrasi belajar siswa cenderung menurun.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up