| JudulBIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PERMAINAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI |
| Nama: SITI MUSDALIVA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Siti Musdaliva, 2025. Bimbingan kelompok dengan permainan finger painting untuk meningkatkan interaksi sosial anak berkebutuhan khusus (abk) di sekolah inklusi . SKRIPSI. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako, Pembimbing Munifah dan Dian Fitriani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan permainan finger painting dalam meningkatkan interaksi sosial anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah inklusi SMAN 4 Palu. Subjek penelitian berjumlah 7 orang siswa dengan kategori borderline. Penelitian menggunakan pendekatan mix method yang memadukan metode kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji deskriptif dan uji Wilcoxon Signed Rank Test, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan signifikan interaksi sosial setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan permainan finger painting, yang dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon pada taraf signifikansi 0,05. Data deskriptif juga memperlihatkan perubahan positif dalam aspek kerja sama, komunikasi, dan keterlibatan siswa dalam kelompok. Selanjutnya, hasil observasi dan wawancara mendukung temuan tersebut, dimana siswa tampak lebih berani mengungkapkan pendapat, mau bekerja sama, dan menunjukkan sikap saling menghargai dalam aktivitas bersama. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok melalui permainan finger painting efektif untuk meningkatkan interaksi sosial ABK borderline di sekolah inklusi. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi guru, konselor, maupun pihak sekolah dalam mengembangkan strategi layanan bimbingan yang kreatif dan menyenangkan guna mendukung perkembangan sosial anak berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Finger Painting, Interaksi Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). |