JudulEfektivitas Bimbingan Kelompok Terhadap Penyesuaian Diri Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SMP Kristen Bala Keselamatan Palu |
Nama: NADIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nadia. 2025. Efektivitas Bimbingan Kelompok terhadap Penyesuaian Diri Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMP Kristen Bala Keselamatan Palu. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Dian Fitriani, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Subjek penelitian adalah 7 siswa ABK di SMP Kristen Bala Keselamatan Palu yang terdiri dari 1 siswa slow learner, 1 siswa tuna laras, 2 siswa ADHD, dan 3 siswa dengan gangguan belajar. Penelitian menggunakan desain one group pre-test and post-test dengan teknik pengumpulan data berupa skala penyesuaian diri. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji *Wilcoxon Signed Ranks Test* melalui bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penyesuaian diri sebelum pemberian layanan terdapat 1 siswa dalam kategori rendah dan 6 sedang, sedangkan setelah pemberian layanan tidak ada siswa dalam kategori rendah, 5 siswa berada di kategori sedang, dan 2 siswa meningkat ke kategori tinggi. Hasil uji *Wilcoxon Signed Ranks Test* menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,01 < 0,05, sehingga H? ditolak dan H? diterima, artinya bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa ABK. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Penyesuaian Diri, Anak Berkebutuhan Khusus. |