JudulCulture Shock Terhadap Kepercayaan Diri Dan Motivasi Berprestasi Siswa |
Nama: DANIELA KEZIA ENJELICA WANEKA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Culture shock adalah perasaan negatif yang dirasakan oleh individu perantau ketika berada dilingkungan yang baru, dimana perasaan negatif ini dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan motivasi berprestasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh culture shock terhadap kepercayaan diri dan motivasi berprestasi siswa di empat SMP wilayah Palu Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif asosiatif kausal. Populasi penelitian ini meliputi keseluruhan siswa di empat SMP wilayah Palu Selatan, sampel penelitian ini 207 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner adaptasi yaitu aspek-aspek dari culture shock, kepercayaan diri, dan motivasi berprestasi siswa dengan menggunakan skala likert sebagai perhitungan. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil uji regresi linear sederhana terhadap variabel X-Y1 diketahui bahwa nilai adjusted R square sebesar 0,485 yang berarti variabel culture shock (X) memiliki pengaruh terhadap variabel kepercayaan diri (Y1) sebesar 49% Hasil uji regresi linear sederhana terhadap variabel X-Y2 diketahui nahwa nilai adjusted R square sebesar 0,415 yang berarti variabel culture shock (X) memiliki pengaruh terhadap variabel motivasi berprestasi siswa (Y2) sebesar 41%. Hasil analisis uji t menunjukkan pada variabel X-Y: nilai signifikansi (0,000<0,05) maka Ho ditolak yang berarti teradapat adanya pengaruh culture shock terhadap kepercayaan diri. Hasil analisis uji t menunjukkan pada variabel X-Y2 nilai signifikansi (0,000<0,05) maka Ho ditolak yang berarti terdapat adanya pengaruh culture shock terhadap motivasi berprestasi siswa. |