Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN TERHADAP PEMAHAMAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP
Nama: INTAN RESKIYANI HI. DJURAEDJO
Tahun: 2025
Abstrak
Intan Reskiyani Hi. Djuraedjo, 2025. “Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Terhadap Pemahaman Gaya Belajar Peserta Didik di SMP”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Mardi Lestari. Permasalahan utama yang dihadapi peserta didik dalam proses pembelajaran adalah kurangnya pemahaman terhadap gaya belajar yang sesuai dengan karakteristik diri mereka yang menyebabkan rendahnya efektivitas belajar, menurunnya motivasi, serta kesulitan dalam menyerap materi pelajaran. Banyak peserta didik menunjukkan gaya belajar yang belum optimal, yang terlihat dari hasil awal penelitian di mana sebagian besar berada pada kategori rendah dan sangat rendah dalam mengenali cara belajarnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap pemahaman gaya belajar peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain one group pretest- posttest. Sampel terdiri dari 40 peserta didik yang dipilih secara purposive. Instrumen berupa angket gaya belajar yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan setelah layanan diberikan. Sebelum perlakuan, mayoritas peserta didik memiliki gaya belajar dalam kategori rendah (87,5%) dan sangat rendah (12,5%). Setelah perlakuan, seluruh peserta didik meningkat ke kategori tinggi (75%) dan sangat tinggi (25%). Hasil uji t menunjukkan nilai t = -12,311 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, layanan bimbingan belajar berbasis gaya belajar efektif dalam membantu peserta didik memahami cara belajar yang sesuai dengan dirinya, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap kualitas dan hasil belajar. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Gaya Belajar, Efektivitas Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up