Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTINGKAT ACADEMIC ADJUSTMENT SISWA TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT
Nama: NUR'ILMA
Tahun: 2025
Abstrak
Nur’ilma, 2025. Tingkat Academic Adjustment Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert. SKRIPSI, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Mardi Lestari. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan tingkat academic adjustment antara siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert dan introvert. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif komparatif, dengan jenis penelitian non-eksperimental komparatif dan menggunakan metode cross sectional. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Palu. Populasi dalam penelitian ini mencakup 402 siswa dari kelas VII dan VIII, dengan sampel sebanyak 150 siswa yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup yang telah melalui pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan mencakup analisis deskriptif serta analisis inferensial. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa H1 ditolak dan Ho diterima, yang berarti “tidak ditemukan perbedaan yang signifikan dalam tingkat academic adjustment antara siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert”. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa baik siswa dengan kepribadian ekstrovert maupun introvert memiliki potensi dan kemampuan yang setara dalam menyesuaikan diri secara akademik di lingkungan sekolah. Menunjukkan bahwa kepribadian (ekstrovert maupun introvert) bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan proses academic adjustment siswa. Penyesuaian tersebut juga dipengaruhi oleh berbagai aspek lain seperti strategi belajar, dukungan keluarga dan guru, motivasi internal, serta lingkungan belajar yang mendukung. Kata kunci: Academic Adjustment, Ekstrovert, Introvert, Kepribadian, Siswa SMP

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up