JudulPENGARUH PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP PENINGKATAN SOFT SKILL LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MAHASISWA PROGRAM STUDI BK |
Nama: PUTRI AINUN NISA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Putri Ainun Nisa, 2025. Pengaruh Program Kampus Mengajar Terhadap Peningkatan Soft Skill Layanan Bimbingan Dan Konseling Mahasiswa Program Studi Bk. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Bapak Azam Arifyadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program Kampus Mengajar terhadap peningkatan soft skill layanan bimbingan dan konseling mahasiswa prodi BK. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan dan konseling FKIP Universitas Tadulako Angkatan 2021 dan 2022 alumni program Kampus Mengajar. Jumlah subjek pada penelitian ini sebanyak 63 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner adopsi yaitu kuesioner program kampus mengajar dan kuesioner soft skill. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0> ttabel 2,000, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hal ini membuktikan bahwa Program Kampus Mengajar berpengaruh terhadap peningkatan soft skill mahasiswa BK. Kata Kunci: Program Kampus Mengajar, Soft Skill, Layanan Bimbingan lan Konseling. |