Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik
Nama: MIFTAHUL JANNAH
Tahun: 2025
Abstrak
Miftahul Jannah, 2025. "Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik". Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing. Azam Arifyadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran terhadap peningkatan keterampilan sosial peserta didik. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental design jenis desain one grup pretest-posttest serta teknik analisis data Wilcoxon Sign Rank Test. Sampel penelitian berjumlah 8 peserta didik di kelas VII. Instrumen yang digunakan berupa angket keterampilan sosial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran presentase rata-rata keterampilan sosial sebesar 34%, yang mengindentifiikasikan bahwa tingkat keterampilan sosial peserta didik masih tergolong rendah. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran presentase rata-rata peserta didik sebesar 62,9%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah diberikan layanan dibandingkan sebelum di berikan layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran di SMP N 19 Palu. Kata kunci: keterampilan sosial, Bimbingan kelompok teknik bermain peran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up