JudulPERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA MEMBOLOS DI SMP |
Nama: AGRICE MOA'E |
Tahun: 2025 |
Abstrak Agrice Moa’e, 2025. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Membolos DI SMP”. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran. Rumusan masalah Penelitian ini adalah bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa membolos, dan faktor-faktor apa yang menyebabkan siswa melakukan bolos? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling terhadap tindakan bolos yang dilakukan siswa di SMP Negeri 9 Palu serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebakan siswa melakukan tindakan bolos di sekolah. Subjek pada penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling serta 7 siswa kelas VII dan VIII. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa sering kali melakukan tindakan bolos disekolah, faktor penyebabnya adalah dari pribadi sendiri, lingkungan sekolah, dan juga faktor dari keluarga yang broken home. Peneliti menemukan bahwa peran guru bimbingan dan konseling sangat penting untuk siswa dalam memberikan layanan konseling individu, kelompok, home visit, serta memberikan arahan dukungan, nasehat dan memberikan motivasi agar siswa dapat lebih baik untuk merubah sikap mereka. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan untuk mengatasi kenakalan siswa membolos disekolah. Kata Kunci : Guru Bimbingan dan Konseling, Siswa Membolos |