Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN PERILAKU CYBERBULLYING DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA SISWA SMA NEGERI 1 SINDUE TOMBUSABORA
Nama: FIRDA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Firda, 2025. Hubungan Perilaku Cyberbullying dengan Tingkat Kecemasan Pada Siswa SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora. SKRIPSI. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Munifah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara perilaku cyberbullying dengan tingkat kecemasan pada siswa SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 240 siswa yang terdiri dari kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora dan sampel yang digunakan sebanyak 150 siswa yang dipilih dengan teknik Proportionate Sratified Random Sampling. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner perilaku cyberbullying dan skala kecemasan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Hasil deskriptif menunjukkan bahwa persentase tertinggi perilaku cyberbullying siswa berada pada kategori rendah (36,66%), sementara persentase terendah pada kategori sangat rendah (13,33%). Pada tingkat kecemasan, persentase tertinggi siswa berada pada kategori kecemasan sedang (37%), sementara persentase terendah pada kategori tidak mengalami kecemasan (5%). Hasil uji korelasi Product Moment menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku cyberbullying dengan tingkat kecemasan pada siswa SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,505 (p > 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa, faktor-faktor seperti resiliensi individu, dukungan sosial yang kuat, atau strategi koping adaptif mungkin berperan penting dalam memitigasi dampak cyberbullying terhadap kecemasan remaja. Kata Kunci : Cyberbullying, Kecemasan, Siswa SMA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up