Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Konseling Individu Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Self Injury Siswa
Nama: NUR FATHIYYAH PRATIWI
Tahun: 2025
Abstrak
Nur Fat-hiyyah Pratiwi. “ Efektivitas Konseling Individu Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Perilaku Self Injury Siswa”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Mardi Lestari, (2) Hasan. Tekanan emosional yang tinggi seringkali dirasakan oleh remaja akibat perubahan dalam diri maupun lingkungan sekitar. Salah satu bentuk pelampiasan emosi negatif remaja yang cukup memprihatinkan adalah tindakan menyakiti diri sendiri dengan sengaja (Self Injury). Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji efektivitas layanan konseling menggunakan individu Teknik restrukturisasi kognitif untuk menurunkan perilaku self injury pada siswa MAN 2 Kota Palu. Teknik ini merupakan pendekatan dari pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) yang berfokus untuk mengubah pola pikir negatif menjadi realistis dan adaptif. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen Single Subject Reseach (SSR) dengan desain A-B-A, yang terdiri dari tiga tahap yaitu: baseline awal (A1), Intervensi (B), dan baseline akhir (A2). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 1 orang siswa yang menunjukkan perilaku self injury berdasarkan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan visual, frekuensi self injury pada fase awal baseline (A1) tercatat konsisten tinggi di (angka 44). Setelah intevensi (B) diberikan terjadi penurunan secara bertahap dari sesi ke sesi hingga mencapai (angka 6). Setelah penurunan bertahan sampai fase baseline akhir (A2). Temuan ini menunjukkan bahwa konseling individu dengan teknik restrukturisasi kognitif efektiv dalam membantu subjek mengelolah emosi dan mengurangi kebiasaan menyakiti diri sendiri (self injury). Kata Kunci: Konseling Individu; Restrukturisasi Kognitif; Remaja; Self Injury

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up