| JudulPENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUKMENINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA GENERASI Z |
| Nama: AMALIA MAULIDINA WELNA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak malia Maulidina Welna, 2025. “Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Pemahaman Kesehatan Reproduksi pada Generasi Z”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Nurwahyuni. Generasi Z, khususnya remaja, menghadapi masalah kurangnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi yang dapat menimbulkan perilaku berisiko, kehamilan tidak direncanakan, dan infeksi menular seksual. Kondisi ini diperparah oleh maraknya informasi palsu di media sosial serta minimnya pendidikan kesehatan reproduksi di sekolah berbasis agama. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik diskusi terhadap pemahaman siswa di MA Muhammadiyah Palu. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest-posttest, melibatkan 10 siswa usia 15–18 tahun yang dipilih secara purposive. Instrumen berupa tes pemahaman yang valid dan reliabel, dianalisis dengan Statistik Deskriptif dan Analisi Inferensi yang memuat uji Wilcoxon dan effect size. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan (Z = -2,809; p = 0,005 < 0,05) dengan Cohen’s d = 2,47 yang tergolong efek sangat besar. Dengan demikian, konseling kelompok teknik diskusi efektif meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi remaja di sekolah berbasis agama. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Kesehatan Reproduksi, Generasi Z. |