JudulEfektivitas Layanan Informasi Cara Belajar Mandiri Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 19 Palu |
Nama: SULFIA SAFITRI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Sulfia Safitri. 2025. Efektifitas Layanan Informasi Cara Belajar Mandiri Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 19 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Nurwahyuni Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan Layanan Informasi Cara Belajar Mandiri Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini berjumlah 328 siswa kelas VII, VIII, IX, sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil uji hipotesis, bahwa Ho ditolak. Dengan demikian berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 19 Palu dapat di simpulkan bahwa layanan informasi cara belajar mandiri menggunakan media audio visual efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Layanan Informasi, Media Audio Visual, Kemandirian Belajar, Siswa SMP |