JudulEFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK ART THERAPY UNTUK MEREDUKSI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING |
Nama: INTAN VIANDARI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Stres akademik merupakan masalah umum yang dihadapi mahasiswa, banyak mahasiswa menghadapi berbagai tekanan akademik yang dianggap menuntut sehingga memicu stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok teknik art therapy dalam mereduksi stres akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Tadulako. Menggunakan metode Quasi Eksperimental Grup dengan bentuk Non Equivalent Control Grup Desain. Jumlah populasi 143 mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Tadulako angkatan 2024, menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling di peroleh 16 sampel penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji Mann Whitney U Test Non-Parametrik dengan taraf signifikan (?=0,05). Memperoleh hasil analisis deskriptif dengan skor rata-rata pre-test kelompok eksperimen 51,3 dengan klasifikasi stres akademik tinggi, dan skor rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 49,6 dengan klasifikasi stres akademik sedang, setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik art therapy pada kelompok eksperimen diperoleh skor rata-rata post-test 35,6 dengan klasifikasi stres akademik rendah sedangkan pada kelompok kontrol setelah diberikan layanan konseling kelompok tanpa art therapy memperoleh skor rata-rata post-test 41,2 dengan kalsifikasi stres akademik sedang. Hasil analisis Inferensial menggunakan uji Mann Whitney U Test memperoleh nilai signifikan atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,035?0,05. Data yang diperoleh membuktikan bahwa terdapat perbedaan signifikan stres akademik mahasiswa, antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga konseling kelompok teknik art therapy efektif dalam mereduksi stres akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Tadulako. |