JudulBimbingan Kelompok Teknik Self Control Untuk Mereduksi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas VII A Di SMP N 6 PALU |
Nama: SRI DAMAYANTI SAIL |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Damayanti 2024, Bimbingan Kelompok Teknik Self Control Untuk Mereduksi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas VII A di SMP N 6 Palu. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Nurwahyuni. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh bimbingan kelompok teknik self control untuk mereduksi perilaku kecanduan game online. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket kecanduan game online. Data diolah dan dianalisis secara deskripsi dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan bimbingan kelompok teknik self control terdapat 4 siswa yaitu V 88,3%, N 65,0%, MR 78,0?n M 75,0% yang memiliki perilaku kecanduan game online pada klasifikasi sangat kecanduan dan 1 siswa yaitu MA 45,0% yang memiliki perilaku kecanduan game online pada klasifikasi kecanduan. Kemudian sesudah diberikan bimbingan kelompok teknik self control terjadi pengurangan perilaku kecanduan game online antara lain: terdapat 4 siswa yaitu MA 11,7%, N 20,0%, MR 23,3?n M 21,7% yang memiliki perilaku kecanduan game online pada klasifikasi kurang kecanduan, dan 1 siswa yaitu V 26,7% yang memiliki perilaku kecanduan game online pada klasifikasi kecanduan. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa perilaku kecanduan game online siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Palu sesudah diberikan bimbingan kelompok teknik self control perilaku kecanduan game online lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok teknik self control untuk mereduksi kecanduan game online di SMP Negeri 6 Palu. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik self control, Kecanduan Game online |