Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI KELAS X C SMAN 2 PALU
Nama: QISTHY FADLILA MH BADALU
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Badalu 2024, Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Control Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di Kelas X C SMAN 2 Palu. Skripsi. Program Studi Bimbinngan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Nurwahyuni. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh konseling kelompok tehnik self control dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 8 siswa. Adapun tehnik yang digunakan dalam pengumpulan datanya yaitu kuesioner/angket. Data diolah dan di analisis secara deskriptif dan inferrensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa sebelum diberikan konseling kelompok tehnik self control terdapat 8 siswa yaitu AH 41,6%, SH 41,6%,AA 31,6%, AF 31,6%, BCL 45,0%, DS 33,3%, MH 36,6%, dan MA 45,0% yang memiliki kurang percaya diri. Kemudian sesudah diberikan konseling kelompok tehnik self control terdapat 7 siswa yaitu AH 66,6%, SH 60,0%, AA 66,6%, AF 65,0?L 66,6% MH 66,6%, dan MA 58,3% yang memiliki klasifikasi percaya diri tinggi dan 1 siswa yaitu DS 81,6% yang memiliki klasifikasi percaya diri sangat tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa kepercayaan diri siswa kelas X C SMAN 2 Palu sesudah diberikan layanan konseling kelompok tehnik self control menjadi meningkat dibandingkan sebelumnya. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh konseling kelompok tehnik self control untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X C SMAN 2 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up