JudulPemahaman Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMP Kecamatan Mantikulore |
Nama: ATHIKA HIJRAH LESTARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Athika Hijrah Lestari, 2024. Pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Kecamatan Mantikulore. SKRIPSI, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Munifah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Kecamatan Mantikulore terhadap kurikulum merdeka belajar serta implementasi pelayanan Bimbingan dan Konseling pada kurikulum merdeka di SMP Kecamatan Mantikulore. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi empat Guru Bimbingan dan Konseling di SMP yang ada di Kecamatan Mantikulore. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Data yang diperoleh berupa data deskriptif yang dianalisis melalui 3 tahap, yakni data reduction, data display dan conclusion drawing/Verification. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Guru Bimbingan dan Konseling di SMP yang ada di Kecamatan Mantikulore tentang pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling dalam kurikulum merdeka ini secara umum semua guru paham mengenai pemberian layanan Bimbingan dan Konseling yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Namun ada sebagian Guru Bimbingan dan Konseling yang belum paham mengenai profil pelajar pancasila dan program layanan Bimbingan dan Konseling yang mendorong penguatan profil pelajar pancasila. hal ini dikarenakan penggunaan kurikulum merdeka masih terbilang baru di SMP yang ada dikecamatan Mantikulore dan terdapat guru bimbingan dan konseling belum mengikuti webinar atau workshop mengenai kurikulum merdeka dalam Bimbingan dan Konseling Kata Kunci: Guru Bimbingan dan Konseling, Kurikulum Merdeka |