JudulEfektivitas Konseling Cognitive Behavior Dengan Teknik Mindufulness Untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa SMA Negeri 3 Palu |
Nama: AYU SYIFAH NABILA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ayu Syifah Nabila, 2025. Penerapan Konseling Cognitive Behavior Dengan Teknik Mindfulness Untuk Mengurangi Stres Akademik siswa Sma Negeri 3 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Dhevy Puswiartika, Azam Arifyadi Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas layanan konseling cognitive behavior dengan teknik mindfulness untuk mengurangi stres akademik siswa di SMA Negeri 3 Palu, subjek dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa dan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan eksperimen. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala Tingkat stress akademik siswa. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan inferensial dengan rumus uji mann whitney u test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan konseling cognitive behavior dengan teknik mindfulness terdapat 8 siswa dari kelompok eksperimen memiliki tingkat stres akademik yang tinggi sedangkan 8 siswa dari kelompok kontrol memiliki tingkat stres akademik yang rendah. Setalah diberikan layanan konseling cognitive behavior dengan teknik mindfulness terdapat 2 siswa dari kelompok eksperimen dengan klasifikasi tingkat stres akademik yang rendah dan 6 siswa dari kelompok eksperimen dengan klasifikasi tingkat stres akademik yang sedang. Sedangkan pada kelompok kontrol tidak memiliki perubahan yang signifikan karena tidak diberi layanan konseling kelompok cognitive behavior dengan teknik mindfulness. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,00 dan nilai tersebut < 0,05 artinya layanan konseling kelompok cognitive behavior dengan teknik mindfulness efektif terhadap penurunan tingkat stres akademik siswa di SMA Negeri 3 Palu Kata Kunci : Konseling Cognitive Bahavior, Mindfulness, Stres Akademik |