JudulPENGARUH DISPOSITIONAL MINDFULNESS TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL BEING MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI |
Nama: NUR RAHMA NASRU |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nur Rahma Nasru, 2025. Pengaruh Dispositional Mindfulness terhadap Psychological well being Mahasiswa Tingkat Akhir yang Sedang Menyusun Skripsi. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Dr. Dhevy Puswiartika, S. Psi., M. Psi. Mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi sering kali menghadapi tekanan yang cukup besar. Tekanan tersebut dapat memicu munculnya berbagai emosi negative seperti ketegangan stress, rasa cemas berlebih, frustasi, hingga menurunnya motivasi untuk mengerjakan skripsi. Kondisi ini pada akhirnya dapat berdampak pada kesejahteraan psikologis mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dispositional mindfulness terhadap psychological well being mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini melibatkan 125 mahasiswa dari beberapa program studi, yakni Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Serta Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuisioner dispositional mindfulness dengan skala Five Facet Mindfulness Questionnaire (FFMQ) dan kuisioner psychological well being dengan skala Psychological Well Being Scale. Proses analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana, diperoleh nilai koefisien determinasi R=0.731 dan R Square=0.535 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Hasil ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara dispositional mindfulness terhadap psychological well being mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi. Kata kunci: Dispositional Mindfulness, Mahasiswa Tingkat Akhir, Psychological |