Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeran Media Sosial Dalam Pembentukan Self Love Pada Generasi Z.
Nama: MINAWATI
Tahun: 2025
Abstrak
Minawati, 2024. Peran Media Sosial dalam Pembentukan Self Love pada Generasi Z. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dhevy Puswiartika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial dalam pembentukan self love pada Generasi Z serta mengetahui perilaku dan penerapan self love dalam kehidupan sehari-hari mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Tadulako yang aktif menggunakan media sosial. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun cara memperoleh data penelitian dilakukan dengan teknik wawancara sebagai teknik utama, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat berfungsi sebagai sumber dukungan dan inspirasi dalam proses pembentukan self love, melalui konten dari influencer yang berfokus pada kesehatan mental dan self improvement, memberikan pengaruh positif dalam memperkuat self love pada Gen Z. Subjek penelitian memaknai self love sebagai proses penerimaan diri, kepercayaan diri, dan penghargaan terhadap diri sendiri. Penerapan konsep self love dalam kehidupan sehari-hari Gen Z/subjek penelitian terlihat dalam upaya mereka untuk merawat dan menjaga kesehatan fisik maupun mental. Subjek penelitian mampu mengindikasikan empat aspek self love, yaitu self awareness, self worth, self esteem, dan self care yang masing-masing berkontribusi pada pembentukan self love yang sehat. Kata Kunci : Media Sosial, Self Love, Generasi Z.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up