JudulEvektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Solidaritas Siswa |
Nama: MAGFIRA DAMAYANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Magfira Damayanti, 2024. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Solidaritas Siswa. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Azam Arifyadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan Teknik role playing untuk meningkatkan perilaku solidaritas siswa.subjek penelitian ini berjumlah 5 orang. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data angket perilaku solidaritas. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon signet rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa sebelum di berikan bimbingan kelompok Teknik role playing terdapat 4 siswa yaitu MT 55%, SH 52%, FI 55%, dan SG 57%. Yang memiliki perilaku solidaritas pada klasifikasi sangat rendah yaitu MD 49 %. Kemudian sesudah diberikan bimbingan kelompok Teknik role playing terdapat 5 siswa pada kategori tinggi yaitu MT 68%, SH 66%, FI 78%, SG 66%, dan MD 64%. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa perilaku solidaritas siswa di kelas X Merdeka 3 di SMA N 5 Palu sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok Teknik role playing lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bimbingan kelompok Teknik role playing efektif untuk meningkatkan perilaku solidaritas siswa di SMA N 5 Palu. Kata kunci : layanan bimbingan kelompok, Teknik role playing, perilaku solidaritas. |