Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN KONTROL DIRI REMAJA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK PADA SISWA SMA NEGERI 1 PARIGI
Nama: HAMZAH. A. TL
Tahun: 2025
Abstrak
Hamzah. A. TL, 2024. “Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Peningkatan Kontrol Diri Remaja Dalam Penggunaan Aplikasi TikTok Pada Siswa SMA Negeri 1 Parigi”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Ridwan Syahran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam meningkatkan kontrol diri remaja terhadap penggunaan aplikasi TikTok di SMAN 1 Parigi. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh fenomena meningkatnya penggunaan aplikasi TikTok di kalangan remaja yang berpotensi mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan kualitas kontrol diri mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen, di mana sampel terdiri dari siswa kelas XI yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tingkat kontrol diri sebelum dan sesudah intervensi bimbingan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kontrol diri siswa setelah mengikuti bimbingan kelompok teknik diskusi. Rata-rata skor kontrol diri siswa meningkat dari 65 sebelum intervensi menjadi 80 setelah intervensi, dengan nilai p < 0,05 yang menunjukkan bahwa bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kontrol diri remaja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk membantu remaja dalam mengelola penggunaan aplikasi TikTok secara lebih bijak. Kata kunci: Bimbingan kelompok, teknik diskusi, kontrol diri, aplikasi TikTok, remaja.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up