JudulPENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) TEKNIK REFRAMING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN REGULASI EMOSI REMAJA DI SMP NEGERI 14 PALU |
Nama: PUTRI INAYAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pemberian layanan konseling individu teknik reframing guna meningkatkan regulasi emosi remaja pada siswa di SMP Negeri 14 Palu. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Palu dengan 6 orang sampel yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu 3 orang sampel pada kelompok eksperimen dan 3 orang sampel pada kelompok kontrol. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket skala likert yang terdiri dari 24 item yang merupakan istrumen yang diadaptasi oleh peneliti berdasarkan aspek teori regulasi emosi menurut Gratz dan Roamer 2004. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan inferensial dengan rumus Mann Whitney Test. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa sebelum pemberian layanan konseling individu teknik reframing terdapat 6 orang siswa yang memiliki regulasi emosi yang tidak masuk dalam klasifikasi tinggi. Setelah diberikan layanan konseling individu teknik reframing terdapat 3 orang siswa pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan regulasi emosi yang signifikan dibandingkan 3 orang siswa lainnya pada kelompok kontrol. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa nilai signifikasi yang diperoleh yaitu 0,043 yang berarti bahwa nilai signifikan < 0.05 maka hipotesis nol (Ho) yang berbunyi "Tingkat Regulasi Emosi Remaja Di SMP Negeri 14 Palu Sesudah Diberikan Perlakuan Layanan Konseling Individu Teknik Reframing Tidak Lebih Tinggi Dibandingkan Sebelum Diberikan Perlakuan" ternyata ditolak. Hal ini membuktikan bahwa layanan konseling individu teknik reframing efektif dalam meningkatkan regulasi emosi siswa di SMP Negeri 14 Palu. |