Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMengurangi Perilaku Membolos Pada Siswa Melalui Konseling Kelompok Teknik Kontrak Perilaku Di SMAN 1 Palu Kelas XI MIPA
Nama: ZULFARINI
Tahun: 2025
Abstrak
Zulfarini 2024. Mengurangi Perilaku Membolos Pada Siswa Melalui Konseling Kelompok Teknik Kontrak Perilaku Di SMA Negeri 1 Palu Kelas XI Mipa. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ridwan Syahran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena yang terjadi di sekolah yaitu terdapat beberapa siswa yang mengalami masalah perilaku membolos dengan klasifikasi tinggi. Konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku yang diterapkan guna mengurangi perilaku membolos pada siswa di SMA Negeri 1 Palu Kelas XI Mipa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam menguji keefektifan konseling kelompok teknik kontrak perilaku dalam mengurangi perilaku membolos adalah pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai teknik utama. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis dengan menggunakan rumus Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum pemberian layanan konseling kelompok terdapat 2 siwa yang memiliki klasifikasi tinggi dengan presentase sebesar 61,1 %. Hasil analisis inferensial setelah diberikan layanan konseling kelompok siswa mengalami penurunan perilaku membolos dengan presentase sebesar 37,5 ?ri hasil inferensial menunjukan bahwa nilai T hitung < nilai T tabel maka hipotesis nol (H0) ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan yaitu pengurangan perilaku membolos pada siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok teknik kontrak perilaku di SMA Negeri 1 Palu. Zulfarini 2025. Reducing Truancy Behaviour in Students through Group Counseling with Behaviour Contract Technique in SMA Negeri 1 Palu Class XI MIPA. Thesis. Guidance and Counselling Study Program, Department of Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Supervisor Ridwan Syahran. This study aims to determine the phenomenon that occurs in schools, namely there are several students who experience problems with truancy behaviour with high classification. Group counselling with behavioural contract techniques is applied to reduce truancy behaviour in students at SMA Negeri 1 Palu Class XI Mipa. The subjects in this study were 15 students. The research approach used in testing the effectiveness of group counselling with behaviour contract techniques in reducing truancy behaviour is a quantitative approach, data collection techniques using questionnaires as the main technique. The data analysis techniques used are descriptive analysis and inferential analysis to test the hypothesis using the Wilcoxon Sign Rank Test formula. The results of descriptive analysis show that before the provision of group counselling services there were 2 students who had a high classification with a percentage of 61.1%. The results of the inferential analysis after being given group counselling services, students experienced a decrease in truancy behaviour with a percentage of 37.5% from the inferential results show that the calculated T value < T table value, so the null hypothesis (H0) is rejected, which means that there is a significant difference, namely the reduction of truancy behaviour in students before and after being given group counselling services behaviour contract technique at SMA Negeri 1 Palu. Keywords: Group Counselling, Truancy Behaviour.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up