JudulPENCEGAHAN SELF-HARM PADA SISWA MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL (LAYANAN INFORMASI) DI SMP NEGERI 3 PALU |
Nama: DWIYULIA NURLAILY |
Tahun: 2025 |
Abstrak Dwiyulia Nurlaily, 2025. Pencegahan Self-harm Pada Siswa Melalui Media Audio- visual (Layanan Informasi) Di SMP Negeri 3 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pembimbing Ridwan Syahran dan Munifah. Penelitian ini bertujuan untuk mencegah perilaku self-harm pada peserta didik dengan cara memberikan layanan informasi dengan media audiovisual. Subyek penelitian meliputi 25 peserta didik kelas VIII.K di SMP Negeri 3 Palu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (pengambilan sampel tujuan). Instrumen penelitian menggunakan angket emotional stability dan angket kecenderungan perilaku self-harm. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman self-harm peserta didik kelas VIII.K sebelum diberikan layanan informasi self-harm dengan media audiovisual dari 25 peserta didik kelas VIII. K, terdapat sebanyak 12 atau 48% yang memiliki frekuensi tinggi untuk melakukan perilaku self-harm. Sedangkan Pemahaman self-harm peserta didik kelas VIII.K sesudah diberikan layanan informasi self-harm dengan media audiovisual dari 25 peserta didik, terdapat 3 atau 12% peserta didik yang memiliki frekuensi tinggi untuk melakukan perilaku self-harm. Berdasarkan hasil analisis data dapat dibuktikan bahwa layanan informasi self-harm dengan media audiovisual dapat meningkatkan pemahaman self-harm dan mencegah perilaku self-harm peserta didik kelas VIII.K di SMP Negeri 3 Palu. Kata kunci : Layanan Informasi, Self-harm |