JudulPengaruh Self-efficacy Dan Self-regulated Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling |
Nama: SURPITA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada pengaruh self-efficacy dan self-regulated learning terhadap motivasi belajar mahasiswa bimbingan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan asosiatif kausal dalam suatu metode analisis yang biasa digunakan untuk melihat pengaruh antara dua atau banyak variabel. Populasi penelitian meliputi mahasiswa bimbingan konseling angkatan 2020,2021 dan 2022. Sampel penelitian ini sebanyak 252 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Desain penelitian uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas, analisis regresi ganda, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) self-efficacy tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa Program studi bimbingan konseling (2) self-regulated learning berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi bimbingan konseling. (3) self-efficacy dan self-regulated learning secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi bimbingan konseling. Kata kunci : self-efficacy, self-regulated learning, motivasi |