JudulUPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMA NEGERI SE-KECAMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLITOLI |
Nama: FRISCA ANJELITA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Frisca Anjelita, 2022. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Baolan Kabupaten ToliToli. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Micha F. Silalahi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Baolan Kabupaten ToliToli. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan angket kedisiplinan siswa sebagai instrumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 253 siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Baolan. Hasil analisis deskriptif tentang kedisiplinan siswa yang disajikan dalam bentuk persentase menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa SMA Negeri 1 ToliToli 0 dari 85 siswa yang menjadi sampel, ada 29 atau 34,2% siswa yang memiliki kedisiplinan siswa sangat baik dan ada 56 atau 65,8% siswa memiliki kedisiplinan siswa baik. SMA Negeri 2 ToliToli dari 86 siswa yang menjadi sampel ada 33 atau 39% siswa yang memiliki kedisiplinan siswa sangat baik, ada 52 atau 60% siswa memiliki kedisiplinan siswa baik dan ada 1 atau 1% siswa yang memiliki kedisiplinan siswa cukup. SMA Negeri 3 ToliToli dari 82 siswa yang menjadi sampel ada 44 atau 53,6 % siswa yang memiliki kedisiplinan siswa sangat baik dan ada 38 atau 46,4% siswa memiliki kedisiplinan siswa baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klasifikasi meningkatkan kedisiplinan siswa SMA Negeri Se-kecamatan baolan kabupaten ToliToli ada 146 atau 57,8 % siswa memiliki kedisiplinan sangat baik dengan menggunakan taraf signifikansi 0,01. Kata Kunci : Kedisiplinan Siswa, Guru Bimbingan dan Konseling |