JudulHUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP KECAMATAN PALU TIMUR |
Nama: NURZAHRANI PUTRI |
Tahun: 2023 |
Abstrak NurZahraní Putri, 2022. Hubungan Antara Pemanfaatan Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Kecamatan Palu Timur. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Micha Felayati Silalahi. Membaca merupakan proses kegiatan yang dilakukan serta digunakan atau dimanfaatkan oleh seseorang untuk memperoleh pesan yang disampaikan melalui media bahasa tulis. Kemampuan membaca mempunyai peran salah satu kunci dalam kesuksesan dikehidupan seseorang karena setiap informasi pengetahuan yang diperoleh tidak terlepas dari kegiatan membaca, menulis memiliki peran tersendiri bagi kehidupan seorang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahul hubungan antara pemanfaatan literasi digital dengan prestasi belajar siswa SMP Kecamatan Palu Timur. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan data primer data yang langsung diperoleh dari siswa dengan menggunakan angket yang berisi tcntangan hubungan antara pcmanfaaian litcrasi digital dengan prestasi belajar siswa SMP Kecamatan Palu Timur dengan program SPSS, dengan sampel 96 siswa 7 dan 9. Hasil analisis deskriptif tentang hubungan pemanfaatan literasi digital dengan prestasi belajar siswa yang disajikan dalam bentuk persentase menunjukkan bahwa hubungan pemanfaatan literasi digital dengan prestasi belajar siswa SMP kecamatan Palu Timur setelah pembagian angket ada tiga kategori yaitu ada siswa yang memiliki pemanfaatan literasi digital sangat tinggi, tinggi dan rendah. Berdasarkan tabel 4.1 tingkat hubungan pemanfaatan literasi digital dengan prestasi belajar siswa kecamatan palu timur adalah dan 96 siswa yang menjadi sampel, ada 22 atau 22.92% siswa memanfaatkan literasi digital yang sangat tinggi, ada 54 atau 56.25% siswa memanfaatkan literasi digital yang tinggi dan ada 20 atau 20.83% siswa tidak memiliki literasi digital yang rendah, dan berdasarkan tabel 4.2 dapat diuraikan dan 96 siswa SMP kecamatan Palu Timur yang menjadi responden, ada 43 atau 44,79% siswa yang mempunyai prestasi belajar sangat tinggi, dan ada 53 atau 55,21% siswa yang mempunyai prestasi belajar tinggi. Hasil dari penehtian ini yaitu hubungan pemanfaatan literasi digital dengan prestasi belajar siswa kecamatan Palu Timur menunjukkan bahwa pemanfaatan literasi dengan prestasi belajar siswa sangat berpengaruh dengan prestasi belajar siswa disekolah, namun pemanfaatan literasi digital dengan prestasi belajar siswa yaitu sangat penting dalam mencapai prestasi belajar. Kata Kunci: Hubungan pemanfaatan literasi digital. prestasi belajar siswa |