JudulIdentifikasi Self-regilated Learning Siswa SMA Negeri Se-kabupaten Tolitoli |
Nama: MEGA AGUSTINA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Mega Agustina, 2022. “Identifikasi Self Regulated Learning siswa SMA Negeri se-kabupaten Tolitoli”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mardi Lestari. Masalah utama penelitian ini adalah tidak adanya data yang tentu terkait kondisi self regulated learning di sekolah SMA Negeri Se-kabupaten Tolitoli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi self regulated learning aspek metakognitif, motivasi dan perilaku. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA sebanyak 746 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket self regulated learning aspek metakognitif, angket self regulated learning aspek motivasi dan angket self regulated learning aspek perilaku. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan klasifikasi self regulated learning aspek metakognitif siswa SMA Negeri se-kabupaten Tolitoli terdiri dari 7,7% siswa klasifikasi sangat tinggi, 79,3% siswa klasifikasi tinggi, siswa dalam klasifikasi cukup 13,2%. Klasifikasi self regulated learning aspek motivasi siswa SMA Negeri se-kabupaten Tolitoli terdiri dari 28,9% siswa klasifikasi sangat tinggi, 65,1% siswa dalam klasifikasi tinggi, siswa dalam klasifikasi cukup 5,8%. Klasifikasi self regulated learning aspek motivasi siswa SMA Negeri se-kabupaten Tolitoli terdiri dari 7,5% siswa klasifikasi sangat tinggi, 75,6% siswa dalam klasifikasi tinggi, siswa dalam klasifikasi cukup 16,8%. |