Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTEKNIK SELF-CONTROL UNTUK MEMINIMALISIR PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA SISWA
Nama: HIKMA AMALIA PAKUDE
Tahun: 2023
Abstrak
Hikma Amalia Pakude, 2023. “Teknik Self-Control Untuk Meminimalisir Penggunaan Smartphone Pada Siswa”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Mardi Lestari. Masalah utama penelitian ini adalah penggunaan smartphone yang tinggi pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tingkat penggunaan smartphone siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik Self- Control, dan untuk mengetahui efektifitas teknik Self- Control dalam meminimalisir penggunaan smartphone pada siswa SMP Negeri 14 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling dengan sampel sebanyak 34 siswa. data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus uji-t (dua ekor) pada taraf kepercayaan 95%. Rata-rata skor hasil tes awal pre-test penggunaan smartphone siswa kelompok ekperimen dan kelompok kontrol memiliki selisih 0,7, rata-rata pre-tes kelompok eksperimen 69,9 dan kelompok kontrol 70,6 setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kontrol skor rata-rata post-test penggunaan smartphone siswa kelompok eksperimen yang mendapat bimbingan kelompok teknik self-control lebih rendah dari pada hasil post-test siswa keompok kontrol yang mendapat bimbingan secara umum selisih dari rata-rata kedua kelompok adalah 1. Rata-rata skor post-test kelompok eksperimen 46,6 dan kelompok kontrol 47,6. Perbedaan rata-rata skor post-test inilah yang menunjukkan bahwa bmbingan kelompok teknik self-control efektif untuk meminimalisisr penggunaan smartphone pada siswa. Kata kunci : penggunaan smartphone, self-control

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up