Judul IDENTIFIKASI SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP/MTS SE-KECAMATAN MEPANGA PASCA PEMBELAJARAN ONLINE |
Nama: PUAN MAGFIRA RAMADANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Puan Magfira Ramadani, 2024. “Identifikasi Self Regulated Learning Siswa SMP/MTS Se-Kecamatan Mepanga Pasca Pembelajaran Online”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mardi Lestari. Permasalahan utama penelitian ini yakni siswa mengalami kesulitan dalam mengatur waktu belajar, mengalami kesulitan dalam beradaptasi, tidak mandiri, dan tidak memiliki target pencapaian dalam belajarnya. Self Regulated Learning didefinisikan sebagai sebuah konsep tentang bagaimana seorang pelajar menjadi ahli dalam proses belajarnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self regulated learning pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini yaitu siswa berjumlah 1.756 orang, sampel berjumlah 472 orang. Pengambilan data diperoleh dengan kuesioner self regulated learning. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasi penelitian menunjukkan bahwa kemampuan self regulated learning siswa berada di kategori tinggi. Tiap aspek, yakni: aspek metakognisi menunjukkan 247 orang atau 52,35%, aspek motivasi menunjukkan 234 orang atau 49,57%, dan aspek perilaku menunjukkan 193 orang atau 40,88%. Kata Kunci: Self Regulated-Learning, Siswa SMP, Pasca Pembelajaran Online |