Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMenumbuhkan Motivasi Entrepreneurship Dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Karir Berbasis Media Kartu Karir Bagi Siswa Di SMK Negeri 3 Palu
Nama: M.ARFANDI
Tahun: 2023
Abstrak
M.Arfandi, 2022. Menumbuhkan Motivasi Entrepreneurship dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Karir berbasis media kartu karir Bagi Siswa di SMK Negeri 3 Palu, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Mardi Lestari, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektifitas bimbingan karir dalam menumbuhkan motivasi entrepreneurship bagi siswa di sekolah menegah kejuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental yang berbentuk Nonequivalent Control Group Design terhadap siswa kelas XI SMK Negeri 3 Palu yang di bagi menjadi dua kelompok, yaitu 10 siswa didalam kelompok eksperimen dan 10 siswa didalam kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi entrepreneurship siswa lebih tinggi setelah diberikanlayanan bimbingan karir disertai dengan kartu karir. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis menggunakan perhitungan mann-whitney diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil tes akhir motivasi entrepreneurship siswa yang mendapat bimbingan karir saja dengan siswa yang mendapat bimbingan karir disertai dengan kartu karir. Rata-rata skor hasil tes awal pre-test motivasi entrepreneurship siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki selisih 6,7, dimana rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 86,3 dan kelompok kontrol 93. Setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, skor rata-rata post-test motivasi entrepreneurship siswa kelompok eksperimen yang mendapat bimbingan karir disertai dengan pemberian kartu karir lebih tinggi dari pada rata-rata hasil post-test siswa kelompok kontrol yang mendapat bimbingan karir saja, selisih dari rata-rata kedua kelompok adalah 12,5, dimana rata-rata skor post-test kelompok eksperimen 135 dan kelompok kontrol 122,5. Perbedaan rata-rata skor post-test inilah yang menunjukkan bahwa bimbingan karir disertai dengan pemberian media kartu karir lebih efektif untuk menumbuhkan motivasi entrepreneurship siswa. Kata Kunci: Motivasi Entrepreneurship,Bimbingan Karir, Kartu Karir

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up