Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGURANGI KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA DI SMP NEGERI 14 PALU
Nama: NIZARWATI
Tahun: 2024
Abstrak
Nizarwati, 2024. Efektivitas Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Game Online Pada Siswa Di SMP Negeri 14 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ridwan Syahran. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa dengan menggunakan teknik problem solving di SMP Negeri 14 Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperiment-semu (quasi experiment research) dengan desain kelompok tunggal (tanpa pembanding) one grup pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecanduan game online pada siswa di SMP Negeri 14 Palu sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik problem solving memiliki hasil analisis deskriptif dengan persentase dari 8 siswa yang menjadi responden, 4 siswa atau 50% siswa memiliki klasifikasi sangat tinggi dan 4 siswa atau 50% siswa yang memiliki klasifikasi tinggi. Sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik problem solving dari 8 siswa yang menjadi responden, 1 siswa atau 12,5% siswa memiliki klasifikasi sangat rendah dan 7 siswa atau 87,5% siswa yang memiliki klasifikasi rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik problem solving efektif untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa di SMP Negeri 14 Palu. Kata Kunci: game online, problem solving, konseling kelompok

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up