Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PADA SISWA JURUSAN PERHOTELAN SMK NEGERI 6 PALU
Nama: ELVIRA KHAIRUNNISA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Elvira Khairunnisa, 2023. Pengaruh Layanan Informasi Dengan Pendekatan PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Pada Siswa Jurusan Perhotelan SMK Negeri 6 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan public speaking siswa melalui layanan informasi dengan pendekatan PBL (Problem Based Learning) di SMK Negeri 6 Palu. Jenis penelitian ini adalah experimen-semu (quasi experiment reseach) dengan metode peneltian kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 55 siswa kelas X jurusan Perhotelan SMK Negeri 6 Palu. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Statistik uji- t (satu ekor) pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan public speaking lebih tinggi setelah diberikan layanan informasi dengan pendekatan PBL (Problem Based Learning). Rata-rata skor hasil test awal pre-test kemampuan Public speaking siswa sebelum diberikan layanan informasi dengan pendekatan PBL (Problem Based Learning) sebanyak 29 atau 53?ngan kategori rendah dan 26 atau 47% siswa dengan kategori sangat rendah setelah diberikan layanan informasi dengan pendekatan PBL (Problem Based Learning) meningkat sebanyak 5 atau 9% siswa dengan kategori sangat tinggi, 13 atau 24% siswa dengan kategori tinggi, dan 37 atau 47% siswa dengan kategori sedang. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemberian layanan informasi dengan pendekatan PBL (Problem Based Learning) efektif untuk meningkatkan kemampuan public speaking siswa. Kata kunci : Layanan Informasi, Problem Based Learning, Public Speaking.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up