JudulEfektivitas Konseling Kelompok Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa SMA Negeri 4 Palu |
Nama: REZKY MULIANTI AMALIA PUTRI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Rezky Mulianti Amalia Putri. "Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa (SMA Negeri 4 Palu)". Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah teknik self instruction efektif untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan keefektifan pelaksanaan teknik self instruction untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 8 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kejenuhan belajar siswa. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik self instruction dari 8 siswa yang diteliti, terdapat 8 siswa yang memiliki tingkat kejenuhan belajar yang sedang. Kemudian setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik self instruction terdapat 7 siswa memiliki tingkat kejenuhan belajar yang rendah dan 1 siswa yang memiliki tingkat kejenuhan belajar sangat rendah. Tingkat kejenuhan belajar sesudah diberikan layanan konseling kelompok teknik self instruction menurun dibandingkan sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik self instruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok teknik self instruction efektif dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa SMA Negeri 4 Palu. Kata kunci : Kejenuhan Belajar, Konseling Kelompok, Teknik Self Instruction |