JudulMeningkatkan Intensitas Belajar Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi |
Nama: JLN DAYODARA BTN LAGARUTU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Artika Febriyanti, 2024. Meningkatkan Intensitas Belajar Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Bau Ratu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan intensitas belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Mepanga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan pendekatan kuantitatif. Sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi (pra tindakan) memperoleh jumlah rata-rata sebesar 26,2%, setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pelaksanaan tindakan siklus I memperoleh rata-rata peningkatan sebesar 69,6%, dan pada pelaksanaan siklus II memperoleh rata-rata sebesar 83,8%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik diskusi efektif dalam meningkatkan intensitas belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Mepanga. Kata kunci: Teknik Diskusi, Intensitas Belajar Siswa |