Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI COPING POSITIF PADA SISWA SMP NEGERI 7 PALU
Nama: SAFITRI
Tahun: 2023
Abstrak
Efektifitas Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Strategi Coping Positif Pada Siswa (SMP Negeri 7 Palu)”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Azam Arifyadi. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan bimbingan kelompok teknik diskusi yang efektif untuk meningkatkan strategi coping positif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain non-equivalent control group design terhadap siswa SMP Negeri 7 palu. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui gambaran efektivitas bimbingan kelompok teknik diskusi dalam menigkatkan strategi coping positif siswa di SMP Negeri 7 palu, Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi efektif untuk meningkatkan strategi coping positif siswa. Rata-rata skor hasil tes awal pre-test strategi coping positif siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki selisih 2,69, dimana rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 42,67 (Sedang) dan kelompok kontrol 38,0 (Sedang). Setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, skor rata-rata post-test strategi coping positif siswa kelompok eksperimen yang mendapat bimbingan kelompok teknik diskusi lebih tinggi dari pada rata-rata hasil post-test siswa kelompok kontrol yang mendapat bimbingan tanpa teknik khusus, selisih dari rata-rata kedua kelompok adalah 0,84, dimana rata-rata skor posttest kelompok eksperimen 45,67 (Tinggi) dan kelompok kontrol 44,83 (Sedang). Perbedaan rata-rata skor post-test inilah yang menunjukkan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi efektif untuk meningkatkan strategi coping positif siswa. Kata Kunci : bimbingan kelompok, teknik diskusi, Strategi coping positif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up