JudulEFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MEMINIMALISIR PENGGUNAAN SMARTPHONE DI SEKOLAH SISWA SMP NEGERI SATAP 2 RANO |
Nama: GABRIELLA TUMBA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Masalah utama penelitian ini adalah pengggunaan Smartphone siswa yang diperoleh 85?ngan klasifikasi sangat tinggi. Tujuan penelitian ini Mendeskripsikan tingkat penggunaan smartphone di sekolah siswa dan untuk mengetahui efektivitas bimbingan klasikal meminimalisir penggunaan smartphone siswa di sekolah SMP Negeri Satap 2 Rano. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan One Group Pretest-Posttest Design dengan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 19 siswa hasil uji validitas 0,432, hasil uji reabilitas 0.926, dan hasil uji normalitas 0.195. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus uji-t (dua ekor) Pada hasil pre-test penggunaan smartphone siswa rata-rata skor diperoleh 63.2% klasifikasi tinggi. Hasil post-test atau setelah diberikan layanan bimbingan klasikal penggunaan smartphone pada siswa mengalami penurunan 42.1% selisih dari hasil sebelum dan sesudah diberikan perlakuan sebesar 21.1% termasuk pada klasifikasi sangat rendah. Perubahan yang signifikan antara penggunaan smartphone pada siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan bimbingan klasikal efektif untuk meminimalisir penggunaan smartphone pada siswa. Kata kunci: Penggunaan Smartphone, Bimbingan Klasikal |