JudulKONSELING KELOMPOK TEKNIK REFRAMING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MTs NEGERI 1 DONGGALA |
Nama: DEFI AULIA B |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh layanan konseling kelompok teknik reframing dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi design terhadap siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Donggala. Data penelitian diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus Mann Whitney pada taraf kepercayaan 95% (? = 0,05). Skor rata-rata pre test 42,8 dan kelompok kontrol 52,8. Setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik reframing, skor rata-rata post test pada kelompok kelompok eksperimen yaitu 82,3 dan kelompok kontrol yaitu 72. Pada penelitian uji Mann Whitney memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Hasil uji Mann Whitney pada penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok teknik reframing berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa MTs Negeri 1 Donggala. Kata Kunci : Kepercayaan Diri Siswa, Konseling Kelompok Teknik Reframing |