JudulLayanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Keefektifan Belajar Siswa SMA Negeri 9 Palu |
Nama: FADILA EGITYA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Fadila Egitya, 2022. Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Keefektifan Belajar Siswa Kelas XI IIS 3 SMA 9 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Azam Arifyadi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping memiliki pengaruh terhadap keefektifan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah One Group Pretest and Post-test Design.Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket keefektifan belajar siswa. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis statistik menggunakan rumus Wilcoxon Sign Rank Test pada taraf kepercayaan 95% (????=0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa keefektifan belajar siswa sebelum mengikuti layanan penguasaan konten teknik mind mapping, antara lain : 12 siswa yang memiliki keefekitifan belajar dengan klasifikasi rendah, 2 siswa yang memiliki keefektifan belajar dengan klasifikasi sedang dan 1 siswa yang memiliki keefektifan belajar dengan klasifikasi sangat rendah. Setelah mengikuti layanan penguasaan konten teknik mind mapping didapatkan bahwa tidak ada siswa yang memiliki keefektifan belajar dengan klasifikasi sangat rendah, 11 siswa yang memiliki keefektifan belajar dengan klasifikasi sedang, dan 4 siswa yang memiliki keefektifan belajar dengan klasifikasi rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik mind mapping melalui layanan penguasaan konten berpengaruh untuk meningkatkan keefektifan belajar siswa kelas XI IIS 3 SMAN 9 Palu. Kata Kunci : Keefektifan Belajar,Mind Mapping |