Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA DI RUMAH
Nama: TRI WAHYUNI RL SURAUDJU
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Tri Wahyuni RL Suraudju, 2022. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa di Rumah. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azam Arifyadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap peningkatan kebiasaan belajar siswa di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental dan desain non-equivalent control group design terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Labuan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: 1) uji Validitas; 2) uji Reabilitas; 3) uji Normalitas; 4) uji Homogenitas; 5) uji independent sample t-test. Hasil penelitian kebiasaan belajar siswa di rumah lebih tinggi setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dibuktikan dari uji hipotesis yang menggunakan perhitungan independent sample t-test diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil tes akhir kebiasaan belajar siswa yang mendapat bimbingan kelompok teknik problem solving dengan siswa yang diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa teknik khusus. Rata-rata skor hasil tes awal pre-test kebiasaan belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki selisih 2,2. Rata-rata pre-test kelompok eksperimen 36 dan kelompok kontrol 33,8. Setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol , skor rata-rata post-test kebiasaan belajar siswa kelompok eksperimen yang mendapat bimbingan kelompok teknik problem solving lebih tinggi dari pada rata-rata post-test siswa kelompok kontrol yang mendapat bimbingan kelompok tanpa teknik khusus, selisih dari rata-rata kedua kelompok adalah 7, rata-rata hasil post-test kelompok eksperimen 50,8 dan kelompok kontrol 43,8. Perbedaan rata-rata skor post-test inilah yang menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik problem solving berpengaruh terhadap peningkatan kebiasaan belajar siswa di rumah. Kata kunci : Kebiasaan Belajar di Rumah, Teknik Problem Solving. ABSTRACT Tri Wahyuni RL Suraudju. 2022 The Influence of Group Guidance Service with Problem Solving Technique on Students' At-Home Study Habits. Skripsi. Guidance and Counselling Study Program. Education Science Department. Teacher Training and Education Faculty. Tadulako University. Under the supervision of Azam Arifyadi. This research aims to describe the implementation of group guidance service with problem-solving techniques to enhance students' study habits at home. This research employed a quantitative approach with quasi-experimental methods and a non-equivalent control group design of grade VIII students at SMP Negeri 2 Labuan. The following data analysis techniques include 1) validity test, 2) reliability test, 3) normality test, 4) homogeneity test, and 5) test independent sample t-test. The testing hypothesis using an independent sample t-test indicated that students' study habits at home improved after receiving group guidance services with problem-solving techniques. The experimental and control group's pre-test mean scores on study habits differed by 2.2, with the experimental group's average pre-test at 36 and the control group's at 33.8. The post-test mean score of the study habits of the experimental group students who received group guidance service with problem-solving techniques is higher than the post-test average of the control group students who received group guidance service without special techniques. The difference in mean between the two groups is 7, with the experimental group's average post-test result of 50.8 and the control group's average post-test result of 43.8. This difference in post-test mean scores demonstrates that group guidance services on problem-solving techniques have an effect on enhancing students' study habits at home. Keywords: Home Study Habits, Problem-Solving Technique

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up