JudulBIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU SANTUN SISWA |
Nama: MAYA PUTRI NAGADING |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Maya Putri Nagading, 2021. Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Mengembangkan Perilaku Santun Siswa, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azam Arifyadi. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan bimbingan pribadi sosial yang efektif untuk mengembangkan perilaku santun siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain non-equivalent control group design terhadap siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Pasangkayu. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui gambaran efektivitas bimbingan pribadi sosial dalam mengembangkan perilaku santun siswa di SMA Negeri 1 Pasangkayu Tahun Ajaran 2020/2021, meliputi: 1) uji normalitas; 2) uji homogenitas; dan 3) uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan pribadi sosial efektif untuk mengembangkan perilaku santun siswa. Hal ini dibuktikan dari uji hipotesis yang menggunakan perhitungan independent sample t-test diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil tes akhir perilaku santun siswa yang mendapat bimbingan pribadi sosial dengan siswa yang mendapat bimbingan secara umum. Rata-rata skor hasil tes awal pre-test perilaku santun siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki selisih 0,71, dimana rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 52,85 dan kelompok kontrol 52,14. Setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, skor rata-rata post-test perilaku santun siswa kelompok eksperimen yang mendapat bimbingan pribadi sosial lebih tinggi dari pada rata-rata hasil post-test siswa kelompok kontrol yang mendapat bimbingan secara umum, selisih dari rata-rata kedua kelompok adalah 14, dimana rata-rata skor post-test kelompok eksperimen 69,42 dan kelompok kontrol 54,71. Perbedaan rata-rata skor post-test inilah yang menunjukkan bahwa bimbingan pribadi sosial efektif untuk mengembangkan perilaku santun siswa. Kata Kunci: Bimbingan Pribadi Sosial, Bimbingan Kelompok, Perilaku Santun, Siswa SMA |