JudulPENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP NEGERI 4 SIGI |
Nama: ANDRI SALEH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Andri Saleh, 2024. Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional siswa di SMP Negeri 4 Sigi. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azam arifyadi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktkan layanan bimbingan kelompok berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMP Negeri 4 Sigi. Jenis penelitian ini adalah experiment semu (quasi experiment research). Subjek penelitian ini berjumlah 7 orang. Instrument yang digunakan adalah angket. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis statistik menggunakan rumus Wilcoxon Sign Rank Test pada taraf kepercayaan 95% ? = 0,05. Hasil analisi deskriptif menunjukan bahwa kecerdasan emosional siswa sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok terdapat 7 siswa memiliki kecerdasan emosional rendah yaitu, Responden S 53,3%, Na 53,3%, V 54,7%, NU 53,3%, F 49,3%, AL 54,7?n F 52,0%. Dan sesudah melaksanakan layanan bimbingan kelompok siswa mengalami peningkatan kecerdasan emosional yang sebelumya klasifikasi rendah menjadi tinggi dengan nilai yaitu, Responden S 57,3%, Na 57,3%, V 69,3%, Nu 73,3%, F 56,0%, AL 60,0?n AF 52,0%. Hasil analisis inferensial uji Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh nilai Thitung? nilai Ttabel maka hipotesis statistik (H0) ditolak, sebaliknya jika Thitung ? nilai Ttabel maka hipotesis statistik (H0) tidak ditolak (diterima). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan esmosional siswa di SMP Negeri 4 Sigi. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Bimbingan Kelompok |